Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

30 Jun 2016

Berpuasa memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berpuasa memang menjadi hal yang wajib dilaksanakan bagi para umat muslim di seluruh dunia. Namun ketika berpuasa terdapat satu hal yang sebaiknya menjadi perhatian yakni masalah bau mulut. Bau mulut memang dapat menurunkan rasa percaya diri pada seseorang karena dapat menganggu orang yang berada di sekitar. Bau mulut sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti bakteri yang terdapat di dalam rongga mulut.

Bakteri tersebut dapat menghancurkan sisa makanan menjadi gas yang memiliki aroma yang kurang sedap. Nafas yang kurangs edap juga dapat berasal dari buruknya tingkat kebersihan pada mulut seperti hal makanan, minuman tertentu, merokok, sampai dengan obat-obatan. Nah pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas mengenai beberapa cara mencegah bau mulut ketika berpuasa. Langsung saja untuk mengetahuinya simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Menyikat Gigi Secara Teratur

Cara pertama untuk mencegah bau mulut saat berpuasa adalah dengan memaksimalkan menjaga kebersihan mulut. Untuk menjaga kebersihan mulut, Anda bisa membiasakan kebiasaan menyikat gigi secara teratur. Pada saat Anda berpuasa, Anda bisa menyikat gigi dua kali dalam sehari yakni setelah sahur atau sebelum melaksanakan shalat subuh dan juga ketika malam hari sebelum tidur. Dengan sikat gigi cukup dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan menghilangkan sisa makanan yang tertinggal.

Membersihkan Lidah

Cara mencegah bau mulut saat berpuasa berikutnya adalah dengan membersihkan lidah. Lidah merupakan salah satu sarang bakteri di dalam mulut. Oleh sebab itu ada baiknya untuk Anda jangan lupa membersihkan lidah Anda sewaktu gosok gigi. Untuk membersihkan lidah, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang memiliki permukaan yang lembut. Gosok pada permukaan ludah secara perlahan guna membersihkan plak serta bakteri yang mungkin menempel pada lidah Anda sewaktu setelah sahur dan setelah berbuka.

Menggunakan Cairan Pembersih Mulut

Cara mencegah bau mulut berikutnya pada saat puasa adalah dengan menggunakan cairan pembersih mulut. Untuk cara ini juga sangat jitu untuk membantu mengatasi bau mulut pada saat puasa. Anda bisa menggunakan cairan pembersih mulut atau mouthwash setelah gosok gigi pada saat setelah sahur dan berbuka guna membantu melawan bakteri serta membuat mulut Anda menjadi lebih segar.

Minum Banyak Air

Pada saat sahur dan berbuka ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih yang banyak. Paling tidak dalam sehari minum air putih 8 gelas. Pasalnya minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membantu mengatasi bau pada mulut sampai dengan membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh ketika Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu cukupi minum air putih pada saat sahur dan berbuka.
Hindari Makanan-Makanan Tertentu

Selain menjalankan cara-cara di atas, Anda juga bisa menghindari mengonsumsi sejumlah makanan tertentu yang dapat menyebabkan bau mulut pada saat Anda berpuasa. Terdapat makanan atau bahan khusu yang dapat menyebabkan bau mulut menjadi kurang sedap. Adapun makanan tersebut diantaranya adalah petai, jengkol, serta makanan pedas yang bisa menyebabkan mulut Anda kering.

Demikianlah tadi beberapa cara untuk mengatasi permasalahan bau mulut di saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah untuk mengonsumsi sumber makanan dari buah-buahan serta sayuran yang mengandung banyak nutrisi.

Baca

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami/

http://wikiwisata.com/tempat-wisata-di-belitung-yang-harus-dikunjungi-ketika-mudik-ke-sana

http://wikiwisata.com/mudik-ke-semarang-jangan-lupa-cicipi-makanan-khas-semarang-berikut-ini

http://wikiwisata.com/inilah-wisata-di-medan-yang-sering-dikunjungi-saat-libur-lebaran

http://wikiwisata.com/restoran-di-yogyakarta-yang-cocok-untuk-buka-puasa-dan-tempat-nongkrong

http://wikiwisata.com/ingin-liburan-saat-puasa-perhatikan-tips-wisata-saat-puasa-ini

http://wikiwisata.com/inilah-tempat-liburan-murah-yang-ramai-dikunjungi-saat-libur-lebaran

http://wikiwisata.com/tempat-makan-di-bandung-paling-enak-untuk-buka-puasa

http://wikiwisata.com/taman-pelangi-jogja-tempat-menarik-di-jogja-untuk-ngabuburit

 


TAGS Cara Mencegah Bau Mulut


-

Author

Follow Me